24 November 2011

Pelajar Dituntut Lestarikan Seni Budaya Lokal

LEMBURSITU – Untuk menjaga dan melestarikan budaya sejak dini, pelajar se-Kota Sukabumi mengikuti pekan apresiasi seni dan prestasi pelajar se-Kota Sukabumi yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, kemarin. Acara ini dibuka Wakil Walikota Sukabumi Mulyono. Wakil Walikota Mulyono mendukung diadakannya pekan apresiasi seni bagi pelajar sebagai pondasi dan pelsetarian budaya bagi pelajar. Apalagi memasuki era global atau modern sehingga akan mudah terpengaruh hilangnya kebudayaan lokal. “Melestarikan budaya sejak dini sangat potensial baik seni, budaya dan lainnya,” ujar Mulyono. 

Mulyono berharap, dengan kegiatan ini akan menjadi kekuatan yang dilandasi kreativitas sebagai cerminan masyarakat yang bertitik tolak pada pemanfaatan budaya akademik yang mengarah pada terciptanya akademik yang kondusif. “Sehingga mereka, para pelajar dapat mengembangkan bakat dan potensinya,” harap Mulyono. Selanjutnya Plh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi Ade Suherman menuturkan, dalam mewujudkan pelaksanaan program pendidikan di Kota Sukabumi, dinas pendidikan telah melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu diharapkan mampu melestarikan nilai-nilai budaya yang diakibatkan pengaruh globalisasi dan SDM tersebut dapat beradaptasi secara perlahan atau bertahap secara efektif dan efisien. “Sebagai pengembangan dan harapan visi dinas pendidikan yaitu terwujudnya pelayanan kependidikan berkualitas dalam membangun sumber daya manusia yang bertaqwa, cerdas, kompetitif dan berahlak mulia,” ujar Ade. 
Dalam pekan apresiasi seni dan pekan prestasi menampilkan beberapa kegiatan antara lain Helaran, pameran seni rupa, apresiasi seni. Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kreatifitas siswa, guru dibidang akademik dan non akademik. Kasi Bina Prestasi Hardi Kusumah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan Seksi Bina Program, di mana penyelenggaraan adalah sebagai tujuan untuk mengembangkan potensi akademik, non akademik secara optimal dan terpadu, memantapkan kepribadian untuk mewujudkan ketahanan sekolah. “Kegiatan ini salah satu potensi dalam pencapaian pentas prestasi unggulan sesauai bakat, minat dan kretifitas sehingga dapat mempersiapkan peserta didik yang berahklak mulia, demokratis beriman dan bertaqwa,” pungkasnya.(fkr) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar