31 Januari 2011

Interaktif, Training Jurnalistik oleh Robbani

Radar Sukabumi -- Training Jurnalistik yang diselenggarakan LSM Robbani Sukabumi di Gedung Negara Pendopo Sukabumi berlangsung meriah, kemarin. Dialog internatif seputar dunia jurnalistik terjadi antara pembicara dengan peserta. Peserta yang mengikuti dialog ini berjumlah 50 orang. Semuanya pelajar se-Kota dan Kabupaten Sukabumi. Pada termin pertama, materi diisi oleh Rojab Asyari dari Harian Jurnal Nasional. Sedangkan pemateri Didiet Rahma Aditya yang juga Redaktur/Korlip Harian Radar Sukabumi tampil sebagai pembicara termin kedua. Suasana begitu hangat, pesertapun dibuat interaktif ketika pemateri Didiet memaparkan materi tentang Jurnalistik Dasar. Dalam pemaparannya para peserta diberi pengertian seputar apa itu profesi seorang jurnalis/reporter/wartawan/wartawati. Pemateri juga menyampaikan Karakter Seorang Jurnalis, sampai kepada Teknik Pembuatan Berita yang benar sesuai EYD dan Teknik Dasar Wawancara.
"Alhmadulillah banyak peserta yang bertanya pada sesion materi.Oleh pemateri satu dan dua peserta dibuat hidup. Mereka dianjurkan untuk angkat bicara belajar berani untuk mengutarakan kata-kata,"tutur Ketua LSM Robbani, Erik Trenggono kepada Radar Sukabumi.
Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB itu dikemas begitu hangat. Tidak ada kegusaran yang tampak pada wajah-wajah peserta. Semakin siang, semakin semangat dan interaktif.
"Kami tak mau kegiatan ini berhenti sampai di sini. Kami berharap out put dari training jurnalistik ini bisa mengajak peserta untuk membuat rilis berita. Di samping itu LSM Robbani juga ingin mencetak kawula muda yang mencintai dunia jurnalistik,"katanya.
Oleh sebab itu sambung Erik, ke depan out put training jurnalistik oleh LSM Robbani ini akan di follow up. "Follow up pertama kami menyelenggarakan lomba karya tulis bagi peserta yang sudah dikelompokkan dengan materi yang diberikan oleh pembicara. Ke depannya, kami berniat peserta akan diajak untuk melihat langsung proses pembuatan berita di kantor Harian Radar Sukabumi yang sudah eksis, insya Allah,"pungkasnya yang diamini para peserta. (dit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar