13 Januari 2011

SMP Negeri 3 Dambakan Masjid

Jurnal Sukabumi – Kepala SMP Negeri 3 Kota Sukabumi, H Muji Purnomo mendambakan berdirinya sebuah bangunan masjid di lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Keinginan memiliki sarana tempat peribadatan ini diharapkan bisa menunjang pendalaman materi dan praktek pembelajaran siswa dalam bidang keagamaan.
“Sejak sekolahan ini berdiri, kami belum memiliki masjid. Pada tahun 2011 ini kami akan berupaya mewujudkan cita-cita membangun sebuah masjid. Hal ini sudah kami bicarakan dengan pihak Komite Sekolah,” ungkap Muji saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/1) kemarin.
Muji merasa malu karena SMP Negeri 3 Kota Sukabumi merupakan salah satu sekolah Negeri yang belum memiliki bangunan masjid. Padahal mengacu pada Perda No. 7 tahun 2004 dan Peraturan Walikota No 3 tahun 2008 diharuskan sekolah untuk melakukan pendalaman materi bidang kegamaan. Tentunya untuk menunjang hal itu harus didukung sarana berupa dibangunnya masjid.
“Jika ada masjid tentu akan mudah bagi kami untuk memberikan materi pendalaman agama. Setidaknya kami bisa melakukan praktek sholah Dhuha maupun shalat wajib secara berjamaah. Bahkan kehadiran masjid juga bisa dijadikan pusat bagi kegiatan Eskul seperti baca tulis Al Quran,” katanya.
Untuk mewujudkan hal itu, pihak sekolah telah menghitung besaran anggaran pembangunan Masjid. Minimal anggaran yang harus tersedia mencapai sekitar Rp 250 juta. Saat ini anggaran yang bersumber dari bantuan orang tua siswa sudah mencapai Rp 35 juta.
”Anggaran yang baru terkumpul ini baru mencapai 20 persen. Sebenarnya dana yang kami perlukan untuk pembanguan masjid sebesar Rp 250 Juta. Maka dari itu, kami telah menbuat proposal bantuan yang ditujukan kepada Gubernur termasuk Pemda Kota Sukabumi untuk bisa membantu pembangunan Masjid yang akan kami berinama Al Ikhlas,” kata Muji.

=Budi Darmawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar