22 Februari 2011

10 Jalur Dilalui Liong-Barongsai Tahun 2011 di Kota Sukabumi

Radar Sukabumi --Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Asep Saepudin menjelaskan, ada 10 ruas jalan di Kota Sukabumi yang akan ditutup sebagai jalan untuk melintas liong dan barongsai pada perayaan Cap Go Meh (23/2) besok. Ruas jalan yang akan dilalui adalah Jalan Pajagalan ke Palabuhan II, di Jalan Pelabuhan II masuk ke Bank Supra dan kembali ke Jalan Pelabuhan II. "Dari Pelabuhan II melaju ke Ahmad Yani, Zaenal Zakse, RE Martadinata ke Ciwangi masuk ke Jalan A Yani mengarah kembali ke Nyomplong melintasi Pasundan dan finish di Jalan Pajagalan. Di mana liong dan barongsai itu star (di Kelenteng Pajagalan atau Vihara Widhi Sakti),"katanya kepada Radar Sukabumi, kemarin.
Untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas Asep menjelaskan, pihaknya akan mengalihkan jalan yang dilalui rombongan barongsai dan liong itu.
Selain itu ada jalan yang menggunakan sistem buka tutup di antaranya, Otista ke Nyomplong, Jalan Nyomplong ke Taman Bahagia.
Sementara itu Sekretaris Panitia Kesenian Barongsai, Bambang Herianto mengatakan, ada 30 rombongan barongsai dan liong yang sudah mendaftar untuk meramaikan Cap Go Meh di Kota Sukabumi. "Sekitar 30 orang untuk setiap satu rombongannya," jelas Bambang.
Bambang yang juga pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ini juga menambahkan, selain iring-iringan barongsai dan liong juga ditampilkan kesenian tradisional yang akan turut serta meramaikan Cap Go Meh itu. Di antaranya, reog, calung, kuda renggong, kuda lumping, sisingaan, lenser dan tumbuk padi. "Untuk kesenian tradisional Jawa Barat itu dikoordinir oleh Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Sukabumi," tutupnya.(ryl)


Jalan Yang dilalui Barongsai Liong

- Star Jalan Pajagalan ke Jalan Palabuhan II (masuk Bank Supra)
- dari bank Supra Kembali ke Jalan Palabuhan II
- Jalan Pelabuhan II ke jalan Ahmada Yani
- Dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Zaenal Zakse
- Jalan Zaenal Zakse ke Jalan RE Marthadinata
- Jalan Mathadinata ke Jalan jalan Ciwangi
- Jalan Ciwangi ke Jalan Ahmad yani
- Jalan Ahmad yani ke Jalan ke Jalan Nyomplong
- Jalan nyomplong ke Jalan Pasundan
- Jalan pasundan ke Jalan masuk Finis di Jalan Pajagalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar