15 Februari 2011

Barongsai Turun, Warga Padati Yogya Dept Store

Jurnal Sukabumi - Kerinduan masyarakat Kota Sukabumi untuk melihat atraksi Barongsai akhirnya terobati. Itu terjadi setelah Yogya Departemen Store mengundang kelompok seni liong dan barongsai dari Tiong Gie Say Cileungsi Bogor. Suguhan atraksi digelar di lahan parkir lantai dua Toserba Yogya, Jalan RE. Martadinata Kota Sukabumi, Minggu (13/2) kemarin.
Kendati hanya tampil selama tiga jam, penampilan atraksi barongsai mampu menyedot perhatian masyarakat Kota Sukabumi. Para penonton tampak antusias menyaksikan kesenian tradisional asal negeri Tiongkok itu. Sebagian besar penonton mengaku datang ke lokasi pertunjukan hanya untuk menonton atraksi barongsai.
”Saya datang ke sini bukan untuk berbelanja. Tetapi saya ingin menyaksikan atraksi barongsai. Sebab acara Cap Go Meh yang ditunggu-tunggu ternyata belum pasti akan digelar pada tahun ini,” ungkap seorang pengunjung bernama Neneng.
Atraksi liong dan barongasi ini bukan saja menampilkan atraksi yang umum disaksikan masyarakat. Kali ini, para pemain Barongsai menampilkan atraksi yang cukup menegangkan. Terutama aksi yang disuguhkan barongsai sambil melompat-lompat dari satu tonggak ke tonggak lain.
Saat atraksi berlangsung, banyak penonton yang menjerit saat pemain Barongsai melakukan lompatan di atas tonggak. Para pemain sepertinya sudah terlatih meloncat di atas tonggak setinggi 2,5 meter. Tepuk tangan para penonton pecah saat Barongsai menyelesaikan atraksinya dengan selamat.
”Yang tadi itu namanya atraksi barongsai tonggak tiang. Kedua pemain ini menampilkan hanya sekitar 15 menitan, sebenarnya kalau sedang acara show paling lama sebelas menit,” ungkap Pimpinan Tiong Gie Say, Hendra Rock kepada Jurnal Bogor usai atraksi, Minggu kemarin.
Suvervisor Promosi Toserba Yogya Sukabumi, Usep Heri menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian peringatan ulang tahun Toserba Yogya Sukabumi ke-18. Penampilan atraksi liong dan barongsai ini juga sekaligus memeriahkan tahun baru imlek yang baru lalu.
”Kegiatan ini merupakan salah satu ungkapan terimakasih dari kami Toserba Yogya bagi para konsumen. Selain menampilkan atraksi liong dan barongsai kami masih menggelar berbagai kegiatan lainnya dalam rangka ulang tahun ini,” jelas Usep yang akrab disapa Uhe kepada Jurnal Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar