22 Februari 2011

Kreatifitas Siswa Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Radar Sukabumi -- Walikota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur membuka pelaksanaan Gala Aksi dan Prestasi (Galaksi) ke-6 SMAN 4 Kota Sukabumi, pada Rabu (16/2). Dalam sambutannya Walikota Sukabumi mengatakan kegiatan Galaksi tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, juga sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi tahun 2008-2013, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan yang Amanah Berparadigma Surgawi, Menuju Kota Sukabumi yang Cerdas, Sehat dan Sejahtera.
" Dengan Galaksi ini, diharapkan bisa mengevaluasi mutu pendidikan yang dikorelasikan dengan kebutuhan, pengembangan dan pembinaan siswa, khususnya yang mengarah pada pengembangan bakat, minat dan kreativitas," ujarnya.
Ditandaskannya, proses mendidik memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap evaluasi mutu pendidikan. Oleh karenanya, proses mendidik harus memperhatikan bakat dan minat siswa. " Selain itu, sekolah juga harus menjadi wadah pengembangan bakat dan minat siswa. Demikian pula untuk meng-evaluasi pelbagai metode mengajar, diperlukan pendekatan dan pengkajian terhadap bakat dan minat siswa," terangnya.
Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Pipid Hudaya mengatakan dilaksanakannya Galaksi ke-6 tersebut, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Juga menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat siswa, sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh. Selain itu juga sebagai media untuk menyalurkan dan mengembangkan kreatifitras pelajar, serta memperluas wawasan ilmu pengetahuan dan keterampilan.
" Kami berharap dengan Galaksi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini bisa memperkokoh kepribadian dan disiplin, mempertinggi budi pekerti, memupuk kesegaran jasmani, rohani dan daya kreasi, sekaligus mengembangkan kemandirian, kepemimpinan, semangat kerja keras dan kepeloporan," tuturnya.
Menurutnya, pelaksanaan Galaksi tersebut dijadualkan berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 27 Januari 2011. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan dalam Galaksi tersebut, yakni perlombaan dan pertandingan . Diantaranya lomba MTQ, dakwah, kaligrafi, lomba cerdas cermat keagamaan, puisi, pembatas buku, poster, dongeng Sunda, jurnalistik, fotografi, paskibraka, PMR, Pramuka, olahraga dan seni.
"Kami ingin para siswa kelak bisa hidup mandiri, serta dapat menciptakan karya-karya besar, dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan hidup di masyarakat," pungkasnya. (sri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar