22 April 2011

Bupati Khawatirkan Laju Pertumbuhan Penduduk

Sukabumi -- Jumlah penduduk di Kabupaten Sukabumi, diprediksi akan menjadi 2.978.016 jiwa pada 2025 atau setiap tahunnya penduduk Kabupaten Sukabumi akan bertambah sekitar 42.578 jiwa. Proyeksi tersebut kemungkinan tidak akan banyak berubah jika pengelolaan program kependudukan dan keluarga berencana dilaksanakan seperti saat ini, namun jumlah tersebut sangat mungkin meningkat, apabila intensitas dan frekuensi pengelolaan program kependudukan, KB, KS dan PP tidak secara sungguh-sungguh.

Demikian dikatakan Bupati Sukabumi Sukmawijaya pada acara pembukaan rakerda kependudukan, KB,KS dan PP di Kabupaten sukabumi bertempat di Aula Hotel Sukabumi Indah, kemarin. Hadir dalam acara itu Kepala BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kadisdikdukcapil, para camat dan seluruh penyuluh lapangan KB.
Lebih lanjut dikatakan bahwa, dampak meningkatnya jumlah penduduk tidak bisa dipungkiri bahwa dengan bertambahnya jumlah penduduk, berbagai masalah sosial ekonomi dan pendidikan akan mengancam penduduk Kabupaten Sukabumi. Dengan penduduk yang semakin banyak apalagi tidak diimbangi dengan peningkatan taraf hidup yang memadai, tentunya kesejahteraan penduduk jauh dari yang diharapkan.
“Tidak dapat dipungkiri, bahwa program kependudukan, keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan telah memberikan kontribusi yang besar bagi upaya pengendalian jumlah penduduk di Kabupaten Sukabumi. Hal ini telah merubah perhatian kita semua bahwa sampai dengan tahun 2010 ternyata kita telah berhasil mencegah kelahiran sekitar 177.898 jiwa, karena jumlah penduduk Kabupaten Sukabumi berdasarkan proyeksi diperkirakan seharusnya pada tahun 2010 berjumlah sekitar 2.402.891 jiwa” ujar Sukmawijaya di sela-sela pembukaan rakerda.
Sementara itu ketua panitia penyelenggara Ade Mulyadi melaporkan Rakerda ini dilaksanakan untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi penduduk tumbuh seimbang yang berahlak mulia, maju dan sejahtera sesuai dengan visi Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 20-21 April yang diikuti 250 peserta rakerda terdiri dari komponen-komponen/OPD, Penyuluh KB dan Unsur PKK se-wilayah Kabupaten Sukabumi.(*/dyl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar