22 April 2011

Bupati Minta Perusahaan Sediakan Tempat Ibadah

Sukabumi -- Bupati Sukabumi, Sukmawijaya meminta semua perusahaan yang ada di Kabupaten Sukabumi menyiapkan sarana ibadah. Tujuannya agar tenaga kerja yang sibuk mencari nafkah duniawi, tetap bisa meluangkan waktu untuk urusan akhirat dengan tersedianya sarana ibadah.
Bupati Sidak Ke PT. Liza di Jl, Selabintana
Hal itu dikatakan Sukmawijaya di sela-sela kunjungannya ke PT Liza di Jalan Salabintana Kecamatan Sukabumi, kemarin. Selain memantau ketersediaan sarana ibadah, Bupati yang melakukan inspeksi mendadak didampingi pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi, juga memantau penerapan UMK dan perbandingan tenaga kerja perempuan dan laki-laki. "Disarankan setiap perusahaan memiliki tempat ibadah dan apabila sudah saatnya para pekerja melakukan ibadah sudah selayaknya tidak dipersulit,” imbau Sukmawijaya.

Terkait porsi tenaga kerja, sekadar diketahui, di PT Liza jumlah tenaga kerja perempuan masih jauh lebih banyak dibanding laki-laki. Tercatat sekitar 60 persen karyawan di perusahaan garmen ini adalah perempuan dan 40 persen laki-laki. Hal itu karena pihak perusahaan menilai, perempuan lebih teliti dan ulet dalam pekerjaannya dibanding tenaga kerja pria.
Meski demikian, Bupati berharap ke depan tenaga kerja pria lebih banyak diakomodir ketimbang perempuan. "Di dalam proses produksi perusahaan disarankan lebih banyak tenaga kerja pria ketimbang tenaga wanita. Sementara terkait upah agar sesuai dengan UMK," tandas Sukmawijaya.(*/dyl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar