25 April 2011

Pantai Karangnaya Akan Kembali Ditata

SUKABUMI (PRLM).- Pihak CV Batu Alam (BA) selaku pemegang Izin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) di Taman Wisata Alam (TWA) Sukawayana di Kec. Palabuhanratu dan Cikakak, mulai Mei mendatang akan melakukan penataan TWA Sukawayana di kawasan Pantai Karangnaya, Kec. Cikakak. Penataan tersebut, di antaranya dengan menata kembali warung para pedagang serta membangun tempat rekreasi bernuansa alam.

“Penataan di Pantai Karangnaya ini, selain sudah diminta oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar selaku pemilik lahan TWA Sukawayana, juga didukung oleh para pedagang sendiri. Jadi alhamdulillah, para pedagang di Karangnaya sudah mendukung kami untuk melakukan penataan. Mudah-mudahan, awal Mei nanti kami sudah bisa action di lapangan,” ujar perwakilan CV Batu Alam, Hj. Wawa Firra, M.Pd., ketika dihubungi di Cikakak, Minggu (24/4)
Menurut dia, guna merealisasikan penataan di Pantai Karangnaya tersebut, pihaknya kini telah melakukan berbagai persiapan. Hal itu di antaranya, membangun kantor sekretariat CV BA sekaligus mengecek lokasi untuk penataan warung-warung serta pembangunan tempat rekreasi.
“Untuk design penataannya, mulai Selasa sampai Kamis nanti, kami akan mendatangkan tim arsitek untuk menggambar rancang bangun kawasan Pantai Karangnaya. Nah, Mei nanti sudah menginjak tahap penataan dan pembangunannya,” ujar Wawa.
Sesuai Rencana Kerja Tahunan (RKT) TWA Sukawayana, lanjut dia, penataan di Pantai Karangnaya itu, diantaranya dengan membangun dan menata warung-warung tenda menjadi warung-warung semi permanen yang indah, bersih dan asri. Untuk tempat rekresasinya, diantaranya membangun waterboom, outbond, playingfox dan permainan anak.
“Kita juga nanti akan melakukan diklat kepada para pedagang tentang managemen usaha. Diharapkan, mereka bisa mengembangkan usaha warungannya agar berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraannya,” tuturnya.
Sementara itu, Kasi Pelayanan Umum (Yanum) Kecamatan Cikakak, Okih Pajri, S.Ag., membenarkan bahwa penataan yang akan dilakukan CV BA di kawasan Pantai Karangnaya, Kec. Cikakak, sebelumnya sudah mendapat dukungan dari para pedagang di Pantai Karangnaya sebanyak 34 orang.
“Bahkan para pedagang musiman pun, ingin ikut bergabung dalam penataan ini. Jadi memang, para pedagang di Karangnaya semuanya sudah menyetujui dan mendukung penuh kegiatan penataan yang dilakukan CV Batu Alam,” tutur Okih.
Selain menata warung para pedagang, kata dia, CV BA pun akan memberikan diklat tentang kewirausahaan kepada para pedagang. Hal itu supaya mereka bisa menjual barang-barang serta makanan yang diminati oleh wisatawan. Tak hanya menjual makanan dan minuman saja, mereka juga akan diarahkan untuk menjual barang-barang cinderamata, kerajinan rakyat serta berbagai manakan khas Sukabumi, khususnya Palabuhanratu.
“Dengan adanya program penataan dan diklat kepada para pedagang oleh CV Batu Alam ini, diharapkan tarap perekonomian dan kesejahteraan para pedagang bisa meningkat,” katanya. (A-67/das)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar