5 Mei 2011

Muslikh Serahkan Jabatan Ketua Apeksi

Bekasi -– Walikota Semarang, Sumarno melanjutkan jabatan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia untuk Komisariat Wilayah III yang diselenggarakan di Kota Bekasi, kemarin. Jabatan sebelumnya dipegang Walikota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur dan Sumarno akan bekerja dengan masa bakti 2011-2014.
Pada Musyawarah Korwil III Apeksi, itu dibuka langsung Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Lex Laksmana yang mewakili Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Dari 25 Walikota yang tergabung dalam Apeksi Komwil III dari 5 provinsi, hanya 18 Walikota yang hadir sedangkan sisanya beralasan hanya mewakili karena ada kegiatan dinas. Agenda Muskomwil III Apeksi selama 3 hari tersebut, selain memilih ketua baru juga membahas beberapa permasalahan aktual seperti pengimplementasian tata ruang kota. Adapun tema yang diusulkan Melalui Muskomwil III Apeksi Tahun 2011 Kita Tingkatkan Kerjasama Implementasi Tata Ruang Menuju Kemandirian Daerah.
Walikota Sukabumi Muslikh Abdussyukur mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada dukungan semua Walikota yang tergabung dalam Apeksi Komwil III dan para staf serta DPRD Kota Sukabumi yang telah membantu selama bertugas sebagai ketua Apeksi Komwil III periode 2008-2011. “Saya tidak mungkin mencalonkan lagi karena masa kerja sebagai ketua Apeksi 3 tahun, sedangkan jabatan saya sebagai Walikota Sukabumi tinggal 2 tahun lagi. Saya juga setuju dengan terpilihnya saudara Sumarno menjadi pengganti saya kedepan, selain masa jabatannya 5 tahun lagi dan masih muda serta mempunyai visi yang bagus,” katanya saat ditemui usai kegiatan. 
Dijelaskan Muslikh, dengan terpilihnya dirinya menjabat sebagai ketua Apeksi Komwil III periode 2008-2011 secara tidak langsung sebagai penghargaan terhadap Pemerintah Kota Sukabumi dan diperhitungkan sehingga prestasi yang diraih oleh Kota Sukabumi dapat dikenal daerah-daerah lain. Karena bagaimanapun mereka tahu prestasi pendidikan, kesehatan, Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) serta Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) di Kota Sukabumi seperti apa. Bahkan sebagai bentuk apresiasi kepada 7 kota yang tergabung sebagai anggota Apeksi Komwil III yang berhasil meraih penghargaan dari sisi evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI pada Hari Otonomi Daerah XV di Kota Bogor beberapa waktu lalu, Komisariat Apeksi wilayah III memberikan penghargaan berupa piagam. Ke 7 kota tersebut diantaranya, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Banjar, Kota Yogyakarta, Kota Cimahi, Kota Sukabumi dan Kota Bogor. 
Lebih lanjut Muslikh mengungkapkan, kedepan seluruh kota yang tergabung dalam Apeksi Komwil III dapat bersinergi dan saling sharing untuk mengadopsi program apa saja yang bisa diterapkan di wilayahnya masing-masing. “Sehingga nantinya program yang kita keluarkan bukan hanya bermanfaat untuk kota kita saja, melainkan juga bisa diadopsi oleh daerah lain,” ungkapnya. Muslikh berharap, agar ketua Apeksi Komwil III yang baru terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan ada kemajuan yang cukup signifikan. Walikota Semarang Jawa Tengah, Sumarno mengungkapkan dirinya merasa kagum selama kepemimpinan Muslikh Abdusyukur. Apeksi Komwil III banyak meraih prestasi. Diantaranya berhasil meraih penghargaan dari sisi evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang lakukan Kementerian Dalam Negeri RI pada Hari Otonomi Daerah. Kepada ke 7 kota yang tergabung dalam Komwil II Apeksi di antaranya, Kota Surakarta, Semarang, Banjar, Yogyakarta, Cimahi, Sukabumi dan Bogor.(*/dit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar